Kamis, 23 April 2015

MIKROBA DAN TEH BASI

MIKROBA DAN TEH BASI 
      
        Pasti kalian pernah atau bahkan hobbi minum teh di pagi hari, selain enak untuk di nikmatin juga dapat untuk menyuburkan rambut. Di dalam air teh basi, ternyata kaya akan kandungan vitamin C yaitu 508 kali lipat dari pada jeruk lemon yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Air teh basi memang tidak boleh, karena zat-zat dalam teh sudah teroksidasi mikroba yang merupakan racun bagi tubuh. Yukk kita simak .. 

Mikroba apa sih yang terkandung dalam teh basi ???

Salmonella 

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Bacteria
Filum: Proteobacteria
Kelas: Gamma Proteobakteria
Ordo: Enterobakteriales
Famili: Enterobakteriakceae
Genus: Salmonella

        Salmonella, sp adalah suatu genus bakteri enterobakteria gram-negatif berbentuk tongkat yang menyebabkan tifoid, paratifod, dan penyakit foodborne.[1] Spesies-spesies Salmonella dapat bergerak bebas dan menghasilkan hidrogen sulfida.[2] Salmonella dinamai dari Daniel Edward Salmon, ahli patologi Amerika, walaupun sebenarnya, rekannya Theobald Smith (yang terkenal akan hasilnya pada anafilaksis) yang pertama kali menemukan bakterium tahun 1885 pada tubuh babi (Alimuddin, 2005). 
        Salmonella digolongkan ke dalam bakteri gram negatif sebab Salmonella adalah jenis bakteri yang tidak dapat mempertahankan zat warna metil ungu pada metode pewarnaan gram. Bakteri gram positif akan mempertahankan warna ungu gelap setelah dicuci dengan alkohol, sementara gram negatif tidak. Pada uji pewarnaan gram, suatu pewarna penimbal ditambahkan setelah metal ungu, yang membuat semua gram negative menjadi berwarna merah/merah muda. Pengujian ini berfungsi mengelompokkan kedua jenis bakteri ini berdasarkan perbedaan struktur dinding sel mereka. Banyak species bakteri gram negative bersifat patogen ( penyebab penyakit) yang berarti mereka berbahaya bagi organisme inang. Sifat patogen ini berkaitan dengan komponen tertentu pada dinding sel gram negative terutama lapisan lipopolisakarida atau dikenal sebagai endotoksin (Hadioetomo, 1990).

        Lalu apa saja sih nutrisi yang di perlukan mikroba tersebut .. 

        Nutrisi untuk bakteri diperlukan untuk pertumbuhan dan fungsinya yang normal. Sehingga diketahui beberapa tipe nutrisi bakteri, yaitu :
A. Energi
        Semua bakteri memerlukan anergi untuk hidupnya. Energi tersebut dapat berasal dari cahaya matahari atau karbon. Berdasarkan sumber energi tersebut, bakteri dikelompokkan menjadi bakteri autrotof, heterotrof, fotoautrotof, dan kemoautrotof. Bakteri autrotof adalah bakteri yang memperoleh karbon dai CO, sedangkan heterotrof adalah bakteri yang memperoleh karbon dari senyawa karbon organik
B. Kebutuhan nitrogen
        untuk bakteri Beberapa tipe bakteri menggunakan senyawa nitrogen anorganik dan yang lain memerlukan nitrogen dalam bentuk senyawa nitrogen organik
C. Kebutuhan belerang (sulfur) dan fosfor
        untuk bakteri berasal dari senyawa sulfur organik, sedangkan fosfor diberikan sebagai fosfat yaitu garam-garam fosfat.
D. Kebutuhan beberapa unsur
        logam, natrium, kalium, kalsium, magnesium, mangan, besi, seng, tembaga, dan kobalt untuk pertumbuhannya yang normal. Jumlah yang dibutuhkan amat kecil dalam ppm (parts per millon=persejuta).
E. Kebutuhan vitamin
        Beberapa bakteri mampu memnuhi kabutuhan vitaminnya dari senyawa-senyawa lain di dalam medium.
F. Kebutuhan air
        untuk fungsi metabolik dan pertumbuhannya.
 
Bagaimana Media Perantara atau Media Pertumbuhan dari Salmonella .. 



1. Media Perantara Bakteri Salmonella
        Jenis organisme Salmonella yang sehubungan dengan suplai bahan pangan manusia banyak ditemukan pada sapi, domba, babi dan ayam. Peternakan secara intensif untuk hewan ternak dan burung merupakan penyebab bertambah meningkatnya kejadian akibat Salmonella dari sumber-sumber tersebut. Kejadian yang terjadi pada peternakan ternak besar atau ayam di negara-negara maju dapat berkisar antara 0-50% ternak atau ayam tertular Salmonella dari padang rumput yang tercemar oleh kotoran yang tertular oleh Salmonella atau tepung ikan, tepung daging, atau tepung tulang yang tercemar. Selama perjalanan kerumah potong hewan, ternak-ternak (ayam-ayam) ditempatkan secara berdesak-desakan dan mengalami tekanan, sehingga mengakibatkan penyebaran mikroorgnisme lebih luas diantara ternak-ternak tersebut. Demikian juga selama penyembelihan dan kemudian pemotongan karkas terjadi pencemaran silang (cross – contamination) dari karkas yang tercemar ke karkas yang masih bersih melalui pisau, alat - alat lainnya dan air pencucian, sehingga keadaan karkas yang tercemar oleh Salmonella lebih banyak sesudah proses penyembelihan daripada sebelumnya.
        Tingkat pencemaran karkas, yaitu jumlah sel/karkas, umumnya rendah – jumlahnya yang ada tidak cukup sebagai satu dosis infeksi yang biasanya sekitar 105–106 sel. Walaupun demikian, pencemaran dalam jumlah yang rendah ini tetap memberikan bahaya yang cukup besar bagi kesehatan masyarakat, karena pemasakan yang kurang sempurna dari produk tersebut, kemudian akan mengakibatkan perkembangan sel sel Salmonella sampai pada tingkat dapat menjangkit penyakit pada pengelolaan yang salah. Selanjutnya, produk yang tercemar ini dibawa ke dapur sebagai bahan baku dan ini akan menjadi sumber kontaminasi silang pada permukaan – permukaan bahan – bahan, alat– alat masak yang kemudian dapat mencemari bahan pangan lainnya.
        Pembawa utama mikroorganisme kelompok Salmonella ini adalah manusia. Organisme-organisme kelompok ini dikeluarkan ke dalam alam sekeliling melalui kotoran (faeces) dimana bahan pangan dan air akan tercemar olehnya. Rantai penularannya adalah : manusia - bahan pangan (air) - manusia. Bakteri-bakteri ini sangat infektif, yaitu hanya dengan sejumlah kurang dari 100 sel cukup untuk menimbulkan penyakit.Oleh karena dosis infeksinya cukup rendah, maka umumnya tidak diperlukan perkembangbiakan sel dalam bahan pangan untuk menjadi berbahaya, walaupun perkembangbiakan dapat terjadi.

2. Media Pertumbuhan Bakteri Salmonella
        Untuk menumbuhkan Salmonella dapat digunakan berbagai macam media, salah satunya adalah media Hektoen Enteric Agar (HEA). Media lain yang dapat digunakan adalah SS agar, bismuth sulfite agar, brilliant green agar, dan xylose-lisine-deoxycholate (XLD) agar. HEA merupakan media selektif-diferensial. Media ini tergolong selektif karena terdiri dari bile salt yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri gram positif dan beberapa gram negatif, sehingga diharapkan bakteri yang tumbuh hanya Salmonella. Media ini digolongkan menjadi media diferensial karena dapat membedakan bakteri Salmonella dengan bakteri lainnya dengan cara memberikan tiga jenis karbohidrat pada media, yaitu laktosa, glukosa, dan salisin, dengan komposisi laktosa yang paling tinggi. Salmonella tidak dapat memfermentasi laktosa, sehingga asam yang dihasilkan hanya sedikit karena hanya berasal dari fermentasi glukosa saja. Hal ini menyebabkan koloni Salmonella akan berwarna hijau-kebiruan karena asam yang dihasilkannya bereaksi dengan indikator yang ada pada media HEA, yaitu fuksin asam dan bromtimol blue. Pada BGA (Brilliant Green Agar) koloni dari tidak berwarna merah, dan transparan hingga keruh dengan lingkaran merah muda hingga merah. Biakan diduga salmonela positif jika ada TSIA terlihat warna merah pada permukaan agar, warna kuning pada dasar tabung dengan satu atau tanpa pembentukan H2S. Pada media xylose-lisine-deoxycholate (XLD) bakteri Salmonella akan membentuk warna merah dengan atau tanpa pusat berwarna hitam. Pada media bismuth sulfite agar bakteri Salmonella membentuk warna hitam atau hijau. 

Apa sih peranan bakteri salmonella tersebut .. 

        Di dalam benak kalian mungkin selalu terbayang bahwa organisme prokariotik merupakan suatu makhluk hidup amat kecil yang menyebabkan bermacam-macam penyakit. Perkiraan kalian tersebut tidaklah salah, tetapi tidak 100% benar. Memang organisme prokariotik, terutama bakteri merupakan mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Akan tetapi, tidak semua jenis bakteri menyebabkan penyakit. Bahkan lebih dari 90% jenis bakteri tidak berbahaya dan justru bermanfaat bagi manusia. Bakteri digunakan dalam industri dengan berbagai tujuan yang bervariasi. Selain dalam bidang industri, bakteri juga berperan dalam pembusukan sampah. Coba kalian bayangkan yang akan terjadi jika di bumi ini tidak ada bakteri. Tentu bumi ini akan penuh dengan sampah, yang terserak di mana-mana. Ini menunjukkan bahwa bakteri memiliki peran ekologis yang sangat penting.
        Salmonella juga bisa menyebabkan penyakit demam tifus (Typhoid fever), sebab invasi bakteri ke dalam pembuluh darah dan gastroenteritis, yang disebabkan oleh keracunan makanan/intoksikasi. Gejala demam tifus meliputi demam, mual-mual, muntah dan kematian. 

Setelah di bahas mengenai bakteri, lalu apa sih manfaat untuk kehidupan sehari-hari ? 

Ada beberapa macam manfaat teh basi yaitu :
1. Untuk menyuburkan rambut. Rambut rontok dan kusam karena sering dicatok menyebabkan rambut tidak lagi subur dan menarik, untuk mengatasinya dengan keramas setiap hari menggunakan air teh basi akan mengembalikan rambut menjadi berkilau dan tidak mudah rontok.
2. Membersihkan kulit muka yang berminyak. Yang dimanfaatkan adalah ampas dari air teh yaitu daun tehnya. Daun teh basi ini berfungsi sebagai scrup yang membrsihkan kulit muka, mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati, menghilangkan jerawat, menghilangkan flek-flek hitam, dan dapat mempertahankan elastisitas kulit sehingga kulit muka tetap cantik dan tidaak mudah keriput.
3. Mengatasi mata yang "blur" yaitu pandangan kabur karena terlalu lama di depan monitor (komputer, TV, Gim dll). Caranya wajah dicelupkan ke dalam air teh basi sambil membuka mata lebar-lebar supaya mata terbasuh oleh iar teh tersebut. Dengan cara ini, pandangan mata akan menjadi lebih jelas lagi.

Selain untuk bahan alami kecantikan ternyata air teh basi juga dapat mempengaruhi kesuburan tanaman lhooo ...

        Air sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Pengaruh air sangatlah penting karena air merupakan faktor yang terpenting bagi tanaman. Jika tanaman diberi air,namun air tersebut mengandung bahan berbahaya di dalamnya, maka tanaman tersebut akan mati. Jadi kita harus mengetahui air apa saja yang berguna bagi tanaman tersebut. Dalam kehidupan kita sehari-hari kita pasti memerlukan tanaman terutama untuk mendapatkan oksigen yang dihasilkan dari proses fotosintesis tanaman pada siang hari.untuk melakukan fotosintesis tersebut, tanaman pasti membutuhkan zat-zat atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya fotosintesis. Faktor-faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal (michigan, 1948).
        Air teh basi mengandung karbohidrat, vitamin A, vitamin C, fosfor, besi, tembaga, magnesium, tannin acid, mangan dan kafein. Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki air teh basi seperti di atas membuat air teh basi ini mampu memperbaiki kesuburan tanah, merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun, limbah rumah tangga ini dapat digunakan langsung tanpa harus diolah lagi. Selain itu air teh basi juga bersifat toksik bagi serangga tanaman, jika air teh basi ini dijadikan sebagi kompos. Air teh basi mengandung banyak unsur hara yang bagus untuk tanah. Mikroba yang dihasilkan oleh air teh basi ini hanya bersifat toksik pada serangga tidak pada tanaman sehingga tidak perlu khawatir tanaman itu beracun dan berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia (kusnadi, 2003).

Nih guys unsur nutrisi yang terdapat dalam teh basi ..

        Unsur nutrisi Konsentrasi
Kalori (mg) 132
Lemak (mg) 0,79
Air (gr) 7,6
Protein (mg) 19,59
Karbohidrat (mg) 67,89
Vitamin A (SI) 2095
Vitamin B (mg) 0,01
Vitamin C (mg) 300
Fosfor (mg) 265
Besi (mg) 11,8
Karbon Organik Belum diketahui secara pasti Tembaga (%) 20
Magnesium (%) 10
Kalium (%) 13 
Kalsium (mg) 717 
Polyphenol 10-25 
methylxanthines Sedikt Asam amino Sedikit Tannin acid (%) 9-20 
Selenium (ppm%) 1-1,8 
Mangan (μg/ml) 300-600 
Kafein (mg%) 45-50
         Dengan kandungan nutrisi yang dimiliki air teh basi seperti di atas membuat air teh basi ini mampu memperbaiki kesuburan tanah, merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun, limbah rumah tangga ini dapat digunakan langsung tanpa harus diolah lagi.
        Selain itu air teh basi juga bersifat toksik bagi serangga tanaman, jika air teh basi ini dijadikan sebagi kompos. Air teh basi mengandung banyak unsur hara yang bagus untuk tanah. Mikroba yang dihasilkan oleh air teh basi ini hanya bersifat toksik pada serangga tidak pada tanaman sehingga tidak perlu khawatir tanaman itu beracun dan berbahaya untuk dikonsumsi oleh manusia.

Apakah ada pencegahannya? Tentu ada ...

        Hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kontaminasi Salmonella yang sangat efektif untuk meminimalisir resiko terkena infeksi dari Salmonella antara lain:
1. Bahan pangan mentah harus disimpan di freezer 
2. Menjaga kebersihan peralatan makan 
3. Selalu mencuci tangan, semua mangkok dan peralatan masak serta peralatan makan yang mengalami kontak permukaan setelah memroses atau menangani bahan pangan mentah 
4. Waktu penyimpanan bahan pangan dalam suhu ruang selama dikonsumsi harus dibatasi yaitu jangan lebih dari 2 jam dan makanan yang tersimpan di suhu ruang selama lebih dari 2 jam sebaiknya dibuang (hindari memilih metode prasmanan saat mengkonsumsi makanan sebab makanan diletakakkan dan tersedia sepanjang waktu di luar pada suhu ruang sehingga rentan terkontaminasi)
5. Setelah kontak dengan kotoran (feces) hewan, tangan harus dicuci dengan air hangat dan sabun
6. Dan pastinya selalu menjaga kesehatan tubuh dengan makanan dan gizi seimbang, istirahat yang cukup, olahraga.

Lalu bagaimana cara mencegah bahan pangan agar tidak terinfeksi bakteri ?? 

         Sejumlah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperi kelompok Salmonella dapat ditularkan dari individu ke individu lainnya melalui makanan.Oleh karena penanganan bahan pangan perlu dilakukan sebaik mungkin terutama dalam hal sanitasi dari semua pihak yang terlibat dalam bahan pangan. Penanganan bahan pangan yang baik dapat mencegah infeksi bakteri, antara lain: 
1. Jangan mencicipi makanan menggunakan jari tangan, gunakan sendok dan usai mencicipi sendok tersebut langsung dicuci dengan air hangat 
2. Bahan pangan yang tidak dikemas, jangan langsung diletakkan pada rak refrigerator (kulkas) 
3. Simpan bahan pangan mentah di bagian bawah rak kulkas, dan sebaiknya dipisahkan dari bahan pangan yang sudah masak atau matang 
4. Gunakan penyimpanan, preparasi dan area peletakkan yang masing-masing terpisah antara bahan pangan mentah dengan bahan pangan yang sudah dimasak. Miliki peralatan masak yang berbeda seperti papan pemotongan (talenan) untuk bahan pangan mentah dan yang sudah dimasak 
5. Bahan-bahan yang didinginkan (dalam refrigerator) harus disebar dan mendapatkan sirkulasi udara yang cukup dan pendinginan yang cepat walaupun dalam periode puncak
6. Lakukan thawing pada bahan pangan beku pada refrigerator atau di bawah air dingin yang mengalir 
7. Jaga suhu makanan yang hangat agar di atas 60 derajat C dan makanan dingin di bawah 50C. 
8. Makanan yang baru selesai dimasak dan masih panas, harus segera didinginkan sejenak terlebih dahulu.Untuk mencegah spora pada bakteri menjadi aktif, sebab spora suka hidup pada suhu yang ekstrem. 
9. Jangan gunakan peralatan yang sama untuk bahan pangan mentah dan yang sudah dimasak atau unggas 
10. Cuci sebaik-baiknya peralatan makan dan masak dengan air yang sangat panas dan deterjen 
11. Besihkan dapur hingga sedetail-sedetailnya 
12. Hindari penggunaan talenan berbahan kayu 
13. Pelihara standar higienis yang tinggi pada tiap individu. Hindari kontak dengan bahan pangan menggunakan jari tangan, namun gunakan sarung tangan atau penjepit makanan (tongs)

Apakah ada pengobatannya kalau sudah terkena infeksi salmonella ?? 

        Untuk pencegahan dan pengobatan akibat infeksi Salmonella secara khusus, dapat dilakukan tindakan-tindakan berikut: 
1. Penggunaan antibiotic secara umum, contohnya ciprofloxacin 
2. Menyediakan vaksin untuk infeksi Salmonella 
3. Pendidikan dan penyuluhan kepada masyarakat umum, terutama di Negara-negara berkembang, mengenai identifikasi atas semua pembawa atau media penularan, serta sumber kontaminasi dari ketersediaan air 
4. Hindari makanan dan minuman yang berisiko terkontaminasi bakteri 
5. Masak dan bersihkan makanan sebaik-baiknya, hindari bahan pangan mentah terutama buah dan sayuran. 
6. Selalu gunakan air dan sabun dalam mencuci tangan.

 Daftar Pustaka 

Aneja KR, Jain Pranay, dan Aneja Raman. 2008. A Text Book of Basic and Apllied Microbiology. New York: New York Age International. 
Kusnadi, Peristiwati, dan Ammi. 2003. Common Textbook (Edisi Revisi) Mikrobiologi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia 
Michigan. 1948. Difco Manual of Dehydrated Culture Media and Reagents for Microbiological and Clinical Laboratory Procedures. USA: Difco Laboratories. 
Waluyo Iud. 2007. Mikrobiologi Umun. Malang: UMM Press.

27 komentar:

  1. tulisan mengenai teh basi yang diposkan oleh Selly ini sangatlah menarik karena hampir semua orang tentunya menyukai teh yang memiliki rasa dan aroma yang khas apalagi ditambah dengan informasi teh basi yang masih bisa kita manfaatkan dalam banyak hal, namun sebagai penambahan saja bahwa ada beberapa hal juga yang ternyata dilarang saat minum teh tesrsebut, salah satunya ialah jangan meminum teh saat atau sesudah makan karena zat yang terkandung dalam makanan dapat dicuri oleh zat stimulan teh.. untuk lebih lengkapnya lagi mengenai hal-hal yang dilarang itu dapat mengunjungi artikel ini
    http://kakipalsuimpor.com/khasiat-dan-dampak-negatif-teh-basi/
    semoga bermanfaat yaa ;-)

    BalasHapus
  2. bagus artikelnya mengenai teh basi yang sering kita anggap sebagai bahan yang sudah tidak dipakai ternyata terdapat bakterinya juga. ada info yang ingin saya tambahkan ;). bahwa di luar negri ada sejenis teh basi juga yang biasa disebut kombucha. teh tersebut melewati proses fermentasi dan dibantu dengan bakteri Acetobacter . tidak berbeda jauh pada bakteri Salmonella yang terdapat pada teh basi. fungsi dari bakteri ini menghasilkan asam asetat dan asam glukonat. Itu selalu ditemukan dalam kombucha. Strain Acetobacter juga membangun jamur scoby. Xylinoides Acetobacter dan acetobacter ketogenum . kamu bisa membaca info tambahan ini

    di link ini --> http://www.culturesforhealth.com/kombucha-yeast-bacteria
    terimakasih..

    BalasHapus
  3. Subhanallah ya, Sell. setiap hari di rumah, ibu saya membuat teh dan kami sekeluarga menyukai minum teh. dan terkdang minuman tehnya juga di campurkan jahe dan ternyata teh jahe dapat mengurangi sakit tenggorokan yg diakibatkan bakteri sperti yg diulas pada artikel http://www.duniainformasikesehatan.com/2014/05/obat-alami-untuk-sakit-tenggorokan-dan.html.. tentunya untuk teh yang baru bukan yg sudah basi ;-D Suxes ya Sell...!!

    BalasHapus
  4. wah ternyta teh basi mengandung bakteri salmonella... padahal kebanyakan orang tahu hanya tentang manfaatnya saja ..
    sekedar menambahkan yah sel, ampas teh celup yang menggunakan kertas ternyata juga kurang baik.. karena mengandung klorin..
    jadi sebaiknya ampas yang digunakan pada teh basi berasal dari teh tubruk atau teh yang bukan memakai teh celup (sumber : http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2014/01/09/akibat-cuci-muka-dengan-sesuatu-yang-basi-625287.html )

    BalasHapus
  5. Ini artikelnya unik sekali karena pada teh basi pun mengandung banyak bakteri :) memang benar biasanya makanan maupun minuman yang telah basi itu akan kita buang tapi untuk kali ini saya baru mengetahui bahwa teh basi pun mempunyai khasiat. Walaupun sudah dijelaskan di artikel ini tetapi hanya ditambahan sedikit saja informasi untuk khasiat teh basinya. Bisa dilihat referensinya di http://www.wesehat.com/2014/12/5-manfaat-teh-basi-untuk-kecantikan.html
    Semoga bermanfaat! ;)

    BalasHapus
  6. Artikel yang dibuat sangat menambah wawasan mengenai teh basi. Ternyata teh basi memiliki manfaat yang begitu banyak bagi kehidupan sehari-hari. Bakteri Salmonella tidak hanya terdapat pada teh basi melainkan terdapat pada usus besar manusia sebagai infeksi usus pada manusia, dapat dilihat dan dibaca www.academia.edu/8565993/PENYAKIT_TIFUS.
    Bakteri salmonella memiliki peran negatif yang sudah dipaparkan di artikel dan peran postif bakteri Salmonella pada makanan, dapat dibaca digilib.unimus.ac.id/download.php?id=11602 Salmonella agar lebih jelas dan bisa menambah wawasan baru.

    BalasHapus
  7. artikel yang bagus selly, dan menambha wawasan bahwa pada teh basi terdapat bakteri. dalam artikel juga disebutkan beberapa manfaat teh basi, untuk kecantikan dan tanaman. namun apakah teh basi menghilangkan bekas luka? ternyata bisa. informasi ini bisa dilihat dengan rinci di link berikut : http://forum.kompas.com/fashion-beauty/289680-berbagai-macam-cara-menghilangkan-bekas-luka-yang-parah.html
    http://www.cantikalamiku.com/obat-untuk-menghilangkan-bekas-luka-lama-dari-dapur-anda/
    semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  8. artikelnya sangat bagus dan informatif. ternyata teh basi pun masih banyak manfaatnya baik untuk manusia dan tumbuhan.hanya ini menambahkan sedikit ya sel, kan dalam artikel disebutkan bahwa pengobatan apabila sudah terinfeksi bakteri salmonella ini dengan menggunakan antibiotik, tapi saya baca di http://www.forumsains.com/artikel/681/?print Dari hasil penelitian, para ahli menyatakan bahwa bakteri Salmonella adalah bakteri yang mudah dihilangkan tetapi ketika tubuh kita diberi antibiotik, bakteri Salmonella tersebut bisa tambah aktif dan membuat proses penularan lebih cepat dibandingkan biasanya.
    trimakasih selly :)

    BalasHapus
  9. artikel yang dibuat oleh selly sangat menarik, teh yang sudah basi ternyata di dalamnya terdapat bakteri yaitu Salmonella yang dapat menimbulkan penyakit, seperti yang dikatakan dalam artikel ini. saya hanya ingin menambahkan sedikit. menurut sumber yang saya baca, bakteri Salmonella cukup unik, Evolusinya dalam menyebar dan menjadikan penyakit sangat mengagumkan. Pada awalnya S. typhi berpfoliferasi di Payer’s patch dari usus halus, kemudian sel mengalami destruksi sehingga bakteri akan dapat menyebar ke hati, limpa, dan sistem retikuloendotelial. Dalam satu sampai tiga minggu bakteri akan menyebar ke organ tersebut. Hingga akhirnya bakteri ini akan menginfeksi empedu, kemudian jaringan limfoid dari usus halus, terutamanya ileum. Invasi bakteri ke mukosa akan memicu sel epitel untuk menghasilkan berbagai sitokin. untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada sumber berikut: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31283/3/Chapter%20II.pdf

    Terima kasih, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  10. Penjabaran yang cukup luas dan sangat bermanfaat. Yang saya pahami yaitu teh dapat menjadi basi karena mengandung mikroba di dalamnya, dan teh dapat menjadi basi saat berada di lingkungan yang terbuka. tapi bagaimana jika teh berada di lingkungan yang tertutup? Izin menambahkan dari sumber yang saya baca yaitu http://grahakirana.ac.id/wp/berita-resmi/kunjungan-mahasiswai-ke-pt-sinar-sosro menjelaskan bahwa teh yang berada di dalam kemasan seperti teh di dalam botol, tidak mengenal kata basi. Hal ini dikarenakan pada saat pembersihan dan pengisian teh ke dalam botol berada pada air dan suhu yang cukup panas sehingga saat air teh masuk ke botol tidak terdapat udara, dan terjadi penguapan. Proses pengisian dan penutupan berlangsung sangat cepat sehingga meminimalisir adanya kontam dari udara bebas. Maka dari itu teh yang dibiarkan dalam keadaan terbuka akan lebih mudah basi dibandingkan teh yang berada dalam keadan tertutup atau berada di dalam kemasan :)

    BalasHapus
  11. sangat menarik sekali :) terutama untuk wanita" yang ingin mempercantik diri menggunakan teh basi, namun juga harus di perhatikan apakah ada mikroba yang menempel atau tumbuh pada teh tersebut atau tidak. namun, bagaimana peranan bakteri yang ada di dalam teh basi bila teh basi tersebut mengandung banyak manfaat pula?
    untuk info pemanfaatan teh basi lainnya dapat dibuka pada link berikut : http://orb.web.id/khasiat-teh-untuk-kecantikan-wanita.html

    BalasHapus
  12. Artikelnya sangat menarik sekali Selly, seputar teh basi ternyata banyak sekali manfaatnya, ternyata hal-hal yang bersifat limbah masih bisa di manfaatkan untuk berbagai hal.
    Sedikit menambahkan saja ya Selly, bahwa dari artikel yang saya baca, meminum teh dalam keadaan perut kosong adalah tidak diperbolehkan, dikarenakan akan meningkatkan asam lambung, yang dapat memicu nyeri lambung.
    Hal ini dapat dilihat selengkapnya pada link di bawah ini
    http://www.brilio.net/life/hindari-minum-teh-pada-momen-momen-berikut-ini--150406w.html
    Terimakasih Selly, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  13. Artikel selly bagus sekali jadi saya lebih mengetahui ternyata teh basi pun juga masih banyak manfaatnya. salah satunya khasiat teh basi yang sudah dibahas diatas digunakan untuk kecantikan adalah bisa menghaluskan kulit, memperlambat penuaan dan menghilangkan jerawat, yaitu dijadikan sebagai masker lalu dipakai sebelum tidur atau saat anda punya waktu luang. mungkin bisa di coba selly semoga berhasil termakasih^^
    sumber : http://kakipalsuimpor.com/khasiat-dan-dampak-negatif-teh-basi/

    BalasHapus
  14. Terima kasih Selly telah memberikan pengetahuan baru bagi saya mengenai mikroba pada teh basi. Dalam artikel ini telah cukup jelas pemaparannya, terlebih ditambah dengan komentar para pembaca yang melengkapi artikel ini. Izin menambahkan sedikit yaa Selly ternyata teh basi memiliki manfaat salah satunya sebagi penghilang mata panda. Seperti yang telah tertulis dalam sumber http://www.wesehat.com/2014/12/5-manfaat-teh-basi-untuk-kecantikan.html dalam artikel ini penggunaanya teh basi dijadikan pembasuh mata dan serbuknya dapat dijadikan masker untuk bagian mata yang hitam. Semoga bemanfaat :)

    BalasHapus
  15. Artikel ini sangat menarik, teh basi yang saya pikirkan selam ini hanya mengandung bahaya ternya mengandung banyak manfaat seperti yang telah dipaparkan diartikel ini yaitu menyuburkan rambut, membersihkan kulit wajah yang berminyak, mengatasi mata blur dan memberikan kesuburan pada tanah, semua manfaat ini sangat di luar dugaan saya. Selain manfaat teh basi dalam menyuburkan rambut, ternyata teh basi juga bermanfaat mengata uban, dimana uban sering kali menghilakan percaya diri kita karena warnanya putih dan mencolok, teh basi khususnya pada teh basi dari teh hijau mempunyai senyawa yang memiliki khasiat untuk menyeimbangkan kadar pH pada kulit kepala dan mengontrol produksi minyak. Kadar pH dan minyak yang seimbang mengurangi kemungkinan terjadinya uban di rambut. Kandungan penting lain yang dimiliki oleh air teh basi dari teh hijau adalah Polifenol, vitamin C dan vitamin E. Ketiga kandungan terebut membantu anda memperoleh rambut yang sehat dan mengkilap, hal ini tentu saja mengembalikan rambut anda yang sebelumnya rusak / beruban dan mengurangi bertambahnya uban di kepala anda karena paparan sinar matahari yang mengandung radiasi Ultra Violet (UV).
    Info lebih lengkap dapat dibaca pada: http://www.anggaputra.com/manfaat-teh-basi-untuk-rambut/

    Selain yang telah dijelaskan di atas, ternyata teh basi masih mempunyai manfaat lain khusunya kita pada mahasiswa. Mata panda bukan hal aneh lagi, mata panda sering kali kita temukan pada teman-teman kita bahkan kita sering lihat pada diri kita sendiri dan teh basi seolah membuka kan pintu solusi menghilangkan mata panda tersebut. Info lebih lengkap dapat dibaca pada: http://www.wesehat.com/2014/12/5-manfaat-teh-basi-untuk-kecantikan.html

    Terima kasih Selly telah mengusungkan artikel tentang teh basi, sangat bermanfaat ^^

    BalasHapus
  16. menarik sekali artikel yang ditulis diatas, saya hanya ingin menambahkan manfaat dari Teh Basi yang juga bisa digunakan sebagai kompres mata (menghilangkan mata panda). sumber: http://manfaat.co.id/manfaat-teh-basi-bagi-kecantikan. Terima kasih

    BalasHapus
  17. artikel yang menarik, ternyata bakteri Salmonella ini bisa berada pada teh basi. Hanya ingin menambahkan saja tentang manfaat teh basi untuk kecantikan dan kesehatan bisa diliat disininih http://www.wesehat.com/2014/12/5-manfaat-teh-basi-untuk-kecantikan.html. terimakasi

    BalasHapus
  18. Artikel Selly cukup menambah pengetahuan. Teh basi/ teh bekas pakai juga masih bermanfaat. Dari sumber http://thieberbagipengetahuan.blogspot.com/2012/11/all-about-of-tea.html

    1. Menenangkan mata lelah
    Kantong teh yang basah dan hangat dapat mengurangi bengkak dan meredakan rasa sakit di sekitar mata yang lelah.Caranya: Lapisi ampas teh dingin dengan kain tipis bersih, letakkan diatas pelupuk mata. Bisa juga ampas teh langsung di letakkan di pelupuk mata

    2.Menghilangkan bau kaki tak sedap
    Caranya:
    a. Campurkanlah cuka dan air hangat. Kira-kira perbandingan larutannya adalah 1:2. Rendamlah kaki dalam campuran tersebut setiap malam selama beberapa hari. Bersabarlah hingga akhirnya bau kaki benar-benar hilang.
    b. Air teh hitam yang dingin. Rendam kaki setiap hari selama seminggu dalam air teh hitam agar tanin yang terkandung dalam teh hitam ini dapat membunuh bakteri di kaki dan menutup pori-pori kaki.

    3.Mencegah kerontokan
    Caranya: keramaslah dengan teh basi. Keramas bisa dilakukan setiap pagi

    4.Sebagai lulur
    Caranya: Ampas teh didiamkan dahulu selama 1 malam. Jaga agar ampas tersebut tidak terkena kotoran dengan cara menutup tempat penyimpanannya. Gunakan ampas teh tersebut sama dengan cara penggunaan lulur. Ambil ampas teh sedikit demi sedikit balurkan ke sekujur tubuh, diamkan sebentar lalu mulailah lakukan pemijitan ke sekujur tubuh hingga kotoran-kotoran dan kulit mati yang ada di tubuh bisa terbuang.

    5.Mengurangi JerawatCaranya: Buat masker atau pilling dengan cara menambahkan sedikit air kedalam ampas teh. Lalu gosokkan ke wajah dengan lembut sekitar 5 menit. Bilas menggunakan air bersih.Note: Jangan gunakan masker ini jika jerawat sedang bernanah ya

    BalasHapus
  19. artikel yang disampaikan oleh saudari Selly sangat menarik dan informatif, penjelasan yang disampaikan pun sudah sangat lengkap ditambah lagi dengan komentar-komentar yang diberikan teman-teman semakin menambah pengetahuan kita mengenai bakteri pada teh basi yang ternyata sangat bermanfaat bagi kehidupan kita.
    Good Job Selly! :D

    BalasHapus
  20. artikel yang sangat menarik dan lengkap ya untuk memperkuat argumen tentang khasiat teh basi yakni dapat menyehatkan kulit wajah, menjaga kesehatan mata, serta menyehatkan rambut (sumber:http://www.sitkes.com/khasiat-teh-basi.html) namun walaupun banyak manfaatnya kita juga harus hati-hati dalam penggunaannya agar tidak terkontaminasi oleh bakteri. terima kasih selly

    BalasHapus
  21. Artikel yang di sampaikan oleh selly sangat lah menarik dan informatif, yang di jelaskan nya sudah jelas sekali dan lengkap, dengan banyaknya teman-teman yang berkomentar semakin banyak wawasan kita, festi hanya ingin menambahkan saja ya teh basi dapat di gunakan untuk membersihkan jerawat bisa baca di sini ya sel http://sehatplan.com/manfaat-teh-basi-untuk-wajah/. terimakasih.

    BalasHapus
  22. ternyata teh basi pun banyak manfaatnya yaa. saya terlalu terpaku dengan kata basi nya jadi pemikiran saya pasti banyak bakteri didalamnnya yang membahayakan. padhal disamping banyak bakterinya tetapi juga banyak manfaatnya. artikel yang sangat menarik dan informatif. terima kasih selly sukses yaa. :D

    BalasHapus
  23. wah artikelnya penh wawasan dari Selly ternyata dibalik teh basi terdapat banyak manfaat. terima kasih selly :D

    BalasHapus
  24. Trimakasih selly artikelnya sangat memberi informasi yang bermanfaat, dari teh basi bisa bermanfaat untuk kita mahasiswa yang sering begadang mengajar deadline bisa untuk mengurangi mata panda :) Bisa dicoba nih. Trimakasih yahh :D

    BalasHapus
  25. artikel shelly cantik yaa :) informatif lagi :) . zakiyah ingin menanggapi bahwa makanan atau minuman yang terpapar dengan udara dalam jangka waktu lama pasti akan mengalami pembusukan. pembusukan inilah disebabkan oleh mikroba. dan zakiyah juga setuju dengan komentar dari saudari anna syafrotul karomah bahwa teh tersebut menjadi basi karena pada posisi terbuka. sedangkan pada posisi tertutup atau kemasan teh menjadi lebih awet karena mengalami proses pemanasan (mematikan mikroba) sebelumnya. wah, zakiyah juga tertarik dengan pembahasan bahwa teh basi dapat menghilangkan mata panda :) . terima kasih shelly semangat ya :)

    BalasHapus
  26. waah ternyata teh yang sudah basi sekalipun masih memiliki manfaat yang cukup banyak ya, saya kira hanya teh yang tidak basi saja. artikel ini membuka mata kita untuk lebih membuka wawasan lagi bahwa kontaminasi bakteri tidak selalu merugikan loh. terima kasih untuk informasinya ya selli. :)

    BalasHapus
  27. terima kasih banyak :) ternyata teh basi memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kita masyarakat :)

    BalasHapus