Jumat, 05 Juni 2015

“Oscillatoria Butuh Ketenangan”

Pasti kalian bingung dengan kata “Oscillatoria”, Apasih Oscillatoria itu ?
Yuuk kita simak ...

Oscillatoria yang di maksud itu adalah bakteri yang diambil dari kata  oscilla yaitu bergetar, yang berbentuk benang tebal terdiri atas sel-sel pipih dan dapat bergerak dengan cara bergetar.  Oscillatoria sp ini terdiri atas berbagai jenis yaitu Oscillatoria acuminata merupakan salah satu jenis Oscillatoria yang sel ujungnya meruncing. Oscillatoria sp adalah genus dari cyanobacteria yang berfilamen. Ia dinamakanOscillatoria sp karena gerakannya yang berosilasi (cartono, 2005).

Adapun ciri-ciri dari Oscillatoria sp. menurut Cartono (2005) sebagai berikut :
–       Tubuh berbentuk benang (filament) tersusun atas sel – sel yang dipilih dan rapat.
–       Dapat bergerak maju mundur disebut sebagai gerak osilasi.
–       Sel  membelah memperpanjang  tubuh, sedang  pertambahan individu dengan fragmentasi.
–       Lebar  sel dapat mencapai  6,8 m.
–       Filamen dapat bergerak dengan cara meluncur lambat.

           



·Kingdom       : Bacteria
·Phylum         : Cyanophyta
·Class             : Cyanophyceae         
·Order            : Oscillatoriales
·Family           : Oscillatoriaceae
·Genus           : Oscillatoria
·Spesies         : Oscillatoria sp.

dimana sih habitat bakteri Oscillatoria sp ?

Oscillatoria sp biasanya hidup dan banyak ditemukan pada lingkungan air yang tenang.  Filamen dalam koloni Oscillatoria sp dapat bergeser kedepan dan kebelakang berlawanan dengan yang lainnya hingga seluruh massanya mendapatkan cahaya dari sumber cahaya.

Bagaimana Perkembangan Oscillatoria ?

1.    Pembelahan sel
Melalui cara ini sel dapat langsung terpisah atau tetap bergabung membentuk koloni Misal: Gloeocapsa
2.    Fragmentasi
Fragmentasi adalah cara memutuskan bagian tubuh tumbuhan yang kemudian membentuk individu baru. Fragmentasi terutama pada ganggang Oscillatoria. Pada filamen yang panjang, bila salah satu selnya mati, maka sel mati itu membagi filamen menjadi dua bagian atau lebih. Masing-masing bagian disebut Hormogonium
3.    Spora
Pada keadaan yang kurang menguntungkan akan terbentuk spora yang sebenarnya merupakan sel vegetatif. Spora membesar dan tebal karena penimbunan zat makanan. Contoh: Chamaesiphon comfervicolus (Hutabarat dan Evans, 1985).

Apa faktor yang mempengaruhi penyebaran ?

Faktor yang dapat mempengaruhi penyebaran Oscillatoria, yaitu:
1.      Suhu
Suhu di lautan adalah salah satu faktor yang amat penting bagi kehidupan organisme di lautan, karena suhu mempengaruhi baik aktivitas metabolisme maupun perkembangan dari organisme.  Oleh karena itu tidak mengherankan jika banyak dijumpai bermacam-macam jenis hewan yang terdapat di berbagai tempat di dunia (Hutabarat dan Evans, 1985).
2.      Salinitas
Salinitas adalah konsentrasi rata-rata seluruh garam yang terdapat di dalam air laut. Konsentrasi ini biasanya sebesar 3% dari berat seluruhnya atau sering juga disebut bagian perseribu (permil) dan biasa ditulis dengan 35‰ (Sachlan, 1982).
3.      PH
PH adalah suatu ukuran dari konsentrasi ion hidrogen dan menunjukkan suasana air tersebut, apakah bereaksi asam atau basa. Skala pH mempunyai deret 1-14, dan pH 7 adalah netral berarti air tidak bersidat asam atau basa. Bila materi pH dibawah 7 berarti asam dan bila diatas 7 berarti basa pH merupakan pengukuran asam atau basa suatu larutan.  Keasaman terjadi karena berlebihnya ion H+ pada suatu larutan, sedangkan alkalinitas terjadi karena berlebihnya ion OH- pada suatu larutan.  Potensial hidrogen atau sifat keasaman atau basa (alkalinitas) suatu larutan sangatlah penting dalam faktor kelarutan dalam air laut terutama terhadap pengendapan mineral atau unsur-unsur dan kehidupan organisme pada suatu kondisi tertentu (Hutabarat dan Evans, 1985).

Kapan oscillatoria ini menguntungkan dan merugikan ?

            awalnya bakteri ini memang sangat menguntungkan karena salah satu sumber bahan protein bagi ikan tetapi juga dapat menghasilkan "Geosmine" yang menyebabkan bau tanah pada daging ikan dan udang yang disebabkan oleh tingginya bahan organik yang mengandung phospat tinggi (N/P rasio rendah) (Jeremy, 2007).

Bagaimana solusi Oscillatoria ?

solusi pencegahan oscillatoria bisa dengan menjaga salinitas air diatas 10 promil atau menurunkan N/P rasio dengan menambah unsur phospat

Siapa yang bisa menerapkan solusi terhadap pathogen oscillatoria ?

Seorang peternak yang mengerti tentang gejala –gejala yang menyebabkan timbulnya bau-bau pada ikan atau udang. Tentunya pasti tahu terhadap menerapan solusi ini, seperti:
- membuang lumpur dasar tambak pada saat pengeringan lahan
- membuang lumpur dasar tambak pada saat budidaya melalui central drainage atau siphon.

Nah, pasti kalian bingung kenapa artikel ini diberi judul “Oscillatoria butuh ketenangan” ? karena, pada umumnya Oscillatoria ini hidup di genangan air yang tenang J



Daftar pustaka
Jawetz, E. Mikrobiologi kekdokteran.Jakarta:EGC
Aneja KR, Jain Pranay, dan Aneja Raman. 2008. A Text Book of Basic and Apllied Microbiology. New York: New York Age International.
Kusnadi, Peristiwati, dan Ammi. 2003. Common Textbook (Edisi Revisi) Mikrobiologi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

57 komentar:

  1. Assalamualaikum selly^^ Artikel selly sangat menambah pengetahuan untuk saya, saya disini mau menambahkan saja, Bau tanah atau bau lumpur ini disebabkan oleh dua senyawa kimia yaitu Methyl-isoborneol (MIB) dan Geosmin yang dihasilkan mikroorganisme terutama dari kumpulan alga biru hijau (Cyanophyta) seperti Oscillatoria sp. Kita bisa mengetahui Ikan atau udang yang terkena off-flavour, sebenarnya memang secara fisik tidak dapat diketahui mana yang terkena off-flavour dan mana yang tidak. Dapat dicoba dengan merebus ikan atau udang tanpa menggunakan bumbu, disitu bisa terlihat jika yang terkena off-flavour dari uap rebusan sudah tercium bau apek. bisa dilihat lebih detailnya disini selly terimakasih:)
    Daftar pustaka : http://pusluh.kkp.go.id/mfce/html/index.php?id=artikel&kode=47 dan http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/14095

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam ayu:) terimakasih atas sanggahannya sedikit ingin mengulas kembali bau tanah atau bau lumpur yang disebabkan dua senyawa kimia tidak hanya Oscillatoria saja loh ternyata tetapi juga terjadi pada bakteri Actinobacteria, Aktivitas ini menambah cadangan hara di dalam tanah dan merupakan bagian penting dari pembentukan humus. Kemampuan Actinobacteria untuk hidup di lingkungan bernutrisi rendah dan untuk mengonsumsi lognoselulosa (lignin dan selulosa, zat-zat penyusun kayu, biasanya sukar dicerna kebanyakan bakteri tanah) menyebabkan Actinobacteria mendominasi kawasan bebatuan karst. Pemberian pupuk kandang yang kaya selulosa akan meningkatkan populasi Aktinobakteri di tanah. Pemupukan amonium atau nitrat yang terus-menerus menekan populasi karena Aktinobakteri tidak suka pH di bawah 6; sebaliknya, pengapuran untuk menaikkan pH juga menaikkan populasinya.
      selebihnya bisa di cek http://id.wikipedia.org/wiki/Actinobacteria
      terimakasih ayuu :-)

      Hapus
  2. artikel yang sangan menarik selly, aspek-aspek yang harus dijelaskan juga sudah diulas secara lengkap oleh selly. mikroba yang menjadi pokok pembicaraan ini juga masih berkenaan langsung dengan kehidupan kita di lingkungan. saya hanya ingin menambahkan sedikit informasi tentang satu kata yang menurut saya masih asing didengar mungkin juga masih asing oleh teman-teman yg lain yaitu "geosmin". Jadi bau tanah saat awal musim hujan itu berasal dari Geosmin yang merupakan senyawa organik yang diproduksi oleh beberapa mikroba yang meliputi Cyanobacteria (alga hijau-biru) dan Actinobacteria (khususnya Streptomyces). Hidung manusia sangat peka terhadap geosmin dan terdeteksi pada konsentrasi kurang dari 5 bagian per triliun. Senyawa tersebut dilepaskan ketika mikroba tersebut mati. terima kasih infonya selly, good job! :D

    sumber: http://ufiunik.blogspot.com/2011/10/rahasia-bau-tanah-selepas-hujan-geosmin.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat putri sedikit ingin mengulas Ada juga teori lain yang mengatakan, bau khas saat hujan disebabkan oleh spora yang dihasilkan oleh bakteri bernama actinomycetes. Bakteri ini biasanya hidup di tanah basah, namun mudah mati ketika tanah itu kering atau kehilangan kelembaban.
      Sebelum mati, bakteri tersebut meninggalkan telur-telur dalam bentuk spora yang memiliki daya tahan jauh lebih kuat. Dalam kondisi tanah kering, spora itu mengalami hibernasi sehingga bisa hidup hingga bertahun-tahun.
      silahkan di cek di http://health.detik.com/read/2010/12/07/172759/1510752/766/ini-dia-yang-membuat-bau-hujan-begitu-khas
      terimakasih banyak putri :-)

      Hapus
  3. Artikel yang menarik dengan judul yang cantik :) . Ternyata Oscillatoria sp memang banyak jenisnya yang saya temukan hehe bisa di cek di http://www.mjumani.net/2009/07/alga-mikroskopis.html#_ dan uniknya saya menemukan informasi sedikit bahwa salah satu jenis Oscillatoria memiliki peranan yang bisa menyebabkan air laut atau danau tampak kemerahan. Subhanallah bisa dibaca sekilas di http://www.slideshare.net/RaraCiriin/peranan-cyanobacteria
    Semoga bermanfaat dan semoga bisa menambah wawasan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. oscillatoria memang banyak jenisnya, tetapi tidak semuanya bisa di jelaskan disini. terimakasih ya nihlah telah menambahkan dan semoga juga enambah ilmu dan wawasan untuk kita :)

      Hapus
    2. iya memang , mungkin karena keterbatasan kata sehingga sayang sekali tidak bisa dipaparkan :)

      Hapus
  4. judul yang aneh ya sel, awalnya saya kira ketenangan tentang apa, ternyata habitatnya. mikroorganisme yang kamu paparkan disini termasuk kedalam Cyanobacteria. dimana Cyanobacter merupakan pengikat nitrogen utama di bumi dan juga produsen bagi rantai makanan terutama diperairan. namun juga disamping itu apabila jumlahnya berlebihan bahkan sampai menumpuk, dapat menyebabkan eutrofikasi pada danau, rawa, atau perairan tenang lainnya. hal inilah yang menyebabkan terganggunya ekosistem perairan. hal ini sesuai dengan referensi dari buku Biologi Esis 2004 yg disusun oleh Dian Aryulina, Ph.D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karna pada umumnya jenis oscillatoria berhabitat di genangan air yang tenang hehe
      terimakasih sudah menambahkan delsa, semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  5. materi bakteri yang dipaparkan oleh selly ini cukup menarik dan unik jika dilihat dari namanya.. izin menambahkan saja sedikit bahwa Isolasi pigmen dari ekstrak alga ini diperoleh pigmen berwarna ungu yang memiliki sifat fisikokimia mirip dengan pigmen fikoeritrin yang ada pada alga merah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas dan stabilitas antioksidan ekstrak pigmen Oscillatoria terhadap suhu dan pH yang berbeda. Hal tersebut berdasarkan sumber dari http://www.sciary.com/journal-scientific-agritechfakultas-article-234960
    Terimakaih Selly :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat amel tentang Isolasi pigmen dari ekstrak alga ini diperoleh pigmen berwarna ungu yang memiliki sifat fisikokimia mirip dengan pigmen fikoeritrin yang ada pada alga merah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aktivitas dan stabilitas antioksidan ekstrak pigmen Oscillatoria terhadap suhu dan pH yang berbeda. yang saya baca bersumber dari http://www.jurnal-agritech.tp.ugm.ac.id/ojs/index.php/agritech/article/view/347
      silahkan di cek , terimakasih banyak amel :-)

      Hapus
  6. Oscillatoria yang dibahas selly sudah cukup jelas, namun untuk spesies nya mungkn harus agak di perdetail yah karna banyak sekali spesies dalam genus Oscillatoria ini...jadi agak menambahkan yah selly, karena selly sblmnya tdk menjelaskan sifat patogen untuk Oscillatoria ini.. dari literatur yang saya dapat bahwa Oscillatoria merupakan cyanobacteria, dan beberapa dari spesiesnya ternyata mensekresikan anatoxins dan microcystins. Anatoxins diketahui mengganggu sinyal neuron dan mycrocystins diketahui menyebabkan perdarahan hati (http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Oscillatoria)
    kemudian, saya mencari literatur lagi, ternyata zat yang disekresikan tersebut menyebabkan pencemaran di danau di korea , dan merupakan ulah si Oscillatoria... (http://science.shinshu-u.ac.jp/~park/pdf/Park%201998b.pdf )
    artikelnya sudah diulas dengan ringan yah selly.. saran saya di tambahkan tentang sifat patogennya... trmskasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih banyak mazidah buat tambahannya, saya setuju dengan pendapat mazidah tentang beberapa spesies dari bakteri ini. sayapun sebelumnya sudah membaca dari referensi yang mazidah paparkan yaitu di (http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Oscillatoria)
      terimakasih, semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  7. bagus artikelnyaa ;) sudah dijelaskan mengenai bagaimana si bakteri yang tenang tersebut :D. tapi saya ingin mengomentari bagaimana manfaat dari bakteri tsb ya? hehe saya ingin menambahkan sedikit informasi bahwa ada manfaat bakteri tersebut berkontribusi terhadap kekakuan struktural dari spons dan memproduksi metabolit sekunder bioaktif yang mungkin bertindak sebagai pertahanan kimia untuk spons . dan banyak hal-hal mengenai bakteri tsb untuk menambahkan wawasan artikelmu bisa dilihat --> http://aem.asm.org/content/71/11/7366.full

    makasih selly ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih banyak tambahan dari kaka, saya setuju tentang pemanfaat tersebut dan masih banyak lagi dari referensi yang saya baca di http://www.academia.edu/9587097/Cyanobacteria .
      terimakasih, semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  8. Artikel yang dibuat oleh Selly sangat menarik dan informatif. Diartikel sudah dipaparkan dengan bagus dan jelas. Saya hanya ingin menambahkan sedikit mengenai habitat Oscillatoria agar menjadi lengkap artikel diatas. Menurut Naibaho (2012), cyanophyta ditemukan hampir di semua habitat, dari samudera ke air tawar sampai ke batu di tanah. Kebanyakan cyanophyta ditemukan di air tawar, sedangkan lainnya tinggal di lautan, terdapat di tanah lembab, atau bahkan kadang-kadang melembabkan batuan di gurun. Beberapa bersimbiosis dengan lumut kerak, tumbuhan dan berbagai jenis protista, atau spons serta menyediakan energi bagi inang. Sedikit menambahkan lagi mengenai hal merugikan yang dibuat oleh Oscillatoria, bahwa Oscillatoria dapat membuat batu menjadi mudah lapuk karena habitatnya. Dapat diakses lebih lanjut pada http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195905081984031-NANA_JUMHANA/BIOLOGI_SMA/TEMA____1_final.pdf
    Terima kasih dan semoga dapat menjadi pelengkap bagi artikel^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya setuju dengan pendapat evin, dan masih ada yang lebih lengkap lagi di http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Oscillatoria .
      terimakasih, semoga bermanfaat :-)

      Hapus
    2. Ya, ternyata lebih lengkap informasi yang direfernsikan oleh Selly. Saya jadi lebih dapat mengetahui mengenai bakteri Oscillatoria.
      Terima kasih:)

      Hapus
  9. Kalau boleh jujur, bukan hanya Oscillatoria yang butuh ketenangan, kita semua pada dasarnya butuh ketenangan :) Tapi ketenangan yang kita butuhkan berbeda dengan ketenangan Oscillatoria. Kalau Oscillatoria butuh ketenangan air untuk berkembang biak, kalau kita butuh ketenangan jiwa dan raga supaya sehat. Ada istilah menarik yang saya temui pada artikel di atas, yaitu saya menemukan istilah hormogonium. Izin menambahkan dari yang sudah saya baca, bahwa hormogonium adalah perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan ganggang berbentuk benang dengan cara memutus benang yang ada. Pada benang yang terputus nantinya akan tumbuh individu baru. Sumber : http://www.cerdasshare.com/2012/02/hormogonium-dan-pembelahan-sel.html#ixzz3cNyw8CAH
    Artikel yang cukup informatif, terima kasih selly :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee anna curhat ahaha :D yaa saya setuju dengan pendapat anna tentang hormogonium, lebih lengkapnya bisa dilihat di dictionary.reference.com/browse/hormogonium
      terimakasih, semoga bermanfaat dan sehat selalu anna :-)

      Hapus
  10. hanya mau bertanya,, diartikel ini dijelaskan bahwa bakteri ini bagus untuk ikan karena sebagai sumber protein, namun dapat menimbulkan efek samping. dengann demikian apakah menurut penulis sebaiknya ikan mengkonsumsi bakteri ini atau tidak? apakah kerugiannya hanya menimbulkan bau saja?

    BalasHapus
  11. Tambahan untuk artikel Selly :D dari sumber http://www.bimbie.com/cyanobacteria.htm

    Bakteri Oscillatoria sp. ini termasuk ke golongan cyanobacteria berbentuk filamen. yang biasanya memiliki sel khusus yang disebut heterosista dan spora istirahat. heterosista adalah sel tebal tak berinti yang punya enzim nitogenase (untuk mereduksi N2 bebas menjadi NH3 (amonia). Spora istirahat adalah spra berdinding tebal yang berisi sel. Dinding sel ini terletak diantara plasmalema dan selubung lendir.

    Karena itu juga bakteri ini masuk ke dalam klasifikasi bakteri luncur yang motil walaupun tidak punya organela lokomotor, tetapi dapat bergerak luncur perlahan (akibat selubung lendir) --> http://biologi.fst.unair.ac.id/matkul_S1bio/Semester%20genap/Bakteriologi/Klasifikasi%20bak_comp_2011.ppt

    Terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah semakin luas wawasannya tentang oscillatoria, terimakasih banyak audina atas tambahannya :-)

      Hapus
  12. Artikel yang di bahas oleh selly, pertama kali liat judul nya kurang begitu ngertti ya. festi cuman bisa nambahin bahwa Pigmen Oscillatoria memiliki aktivitas antioksidan yang ditunjukkan dengan kemampuannya menghambat pembentukan peroksida dan malonaldehid. Aktivitas antioksidan pigmen Oscillatoria stabil pada pH netral (pH 7) dan suhu ruang (28°C), tetapi aktivitas antioksidannya cenderung berkurang saat pH larutan berubah menjadi asam maupun basa dan suhu yang semakin meningkat dari suhu ruang

    sumber :file:///C:/Users/Asus/Downloads/347-1119-1-PB.pdf

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih festi atas tambahannya, saya setuju dengan pendapat anda dan sayapun punya referensi yang sama seperti pendapat saudara, bisa di cek di http://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:W1vFjK8dWHsJ:www.jurnal-agritech.tp.ugm.ac.id/ojs/index.php/agritech/article/download/347/483+&cd=2&hl=id&ct=clnk&gl=id .
      terimakasih, semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  13. Ternyata selain sebagai sumber protein untuk ikan, Oscillatoria rubescens memiliki peranan lain loh, diantaranya dapat menyebabkan air laut atau danau tampak berwarna kemerahan.(sumber : http://www.slideshare.net/RaraCiriin/peranan-cyanobacteria)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih farrisa, lebih lengkapnya lagi tentang kemerahan pada air laut bisa di cek di http://wol.jw.org/id/wol/d/r25/lp-in/102001409 .
      semoga bermanfaat :-)

      Hapus
  14. sama seperti Oscillatoria sp. saya juga butuh ketenangan... wkwkwk
    saya mendapat info, bahwa Oscillatoria sp. merupakan makanan alami bagi biota perairan termasuk biota yang bernilai ekonomis dan potensial untuk
    dibudidayakan contohnya tiram mutiara, kerapu, dan lobster...
    seperti itu,Sel.. semoga bermanfaat :D

    sumber:
    Nunik Cokrowati, dkk. Kelimpahan dan komposisi fitoplankton di perairan Teluk Kodek Pemenang Lombok Utara. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=160065&val=3943&title=Kelimpahan%20dan%20komposisi%20fitoplankton%20di%20perairan%20Teluk%20Kodek%20Pemenang%20Lombok%20Utara. 2014

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih firda atas tambahannya, saya setuju dengat tambahan yang firda berikan sesuai dengan referensi saya pada http://www.bimbingan.org/rantai-makanan-ekosistem-laut.htm.

      terimakasih firda yang butuh ketenangan :D

      Hapus
  15. nice ;) izin menambahkan ya, bakteri Oscillatoria sp. termasuk ke dalam kelompok α-Mesosaprobik yang merupakan saprobitas perairan yang tingkat pencemarannya sedang sampai dengan berat (sumber : http://karyatulisilmiah.com/pengertian-saprobitas/) dapat dilihat juga selengkapnya di http://lib.unnes.ac.id/18376/1/4450408004.pdf
    jadi, Oscillatoria sp. yang selly bilang hidup di air yang tenang saya rasa kurang tepat. karena melihat adanya faktor pencemaran yang saya tambahkan tadi. sepaham saya mengenai air yang tenang itu yaa air yang bersih dan diam, hehe...
    teşekkür ederim selly :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas masukannya dari indah, nanti selanjutnya akan saya ulas lagi dan perbaikkan lagi :-)

      Hapus
  16. artikelnya sangat infomatif sekali selly.. menambah wawasan saya tentang cyanobacteria ini... saya hanyaingin menambahkan ciri-ciri dari bakteri oscillatoria ini ternyata bisa hidup di tanah yang basah , sel selnya bulat, merupakaan benag-benang dan akhirnya membentuk koloni yang berlendir. sumber : https://www.academia.edu/9587097/Cyanobacteria.
    trimakasih selly :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas masukannya dari gina, sebenarnya masih banyak lagi ciri-ciri oscillatoria yang hidup di tanah basah, ada referensinya pada www.academia.edu/9587071/Cyanobacteria

      terimakasih :-)

      Hapus
  17. Artikel yang dipaparkan oleh saudari Selly sangat bagus dan mengandung informasi yang menarik, hal menarik yang saya tangkap dari artikel diatas adalah "Geosmine" yang dapat menyebabkan bau tanah pada daging ikan. Tentu hal ini pasti pernah di alami oleh kita, namun tanggapan terhadap hal tersebut adalah kebanyakan mengatakan bahwa ikannya lah yang memang sudah tidak layak konsumsi sehingga berbau tanah seperti itu, namun setelah membaca artikel ini, tidak hanya demikian. Hal tersebut terjadi karena kandungan "Geosmine" tersebut.
    Untuk menambahkan referensi saja, disini saya menambhakan link tentang dampak dari Geosmine, silahkan dibaca selengkapnya http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/12944
    Terimakasih semoga bermanfaat untuk kita semua :)

    BalasHapus
  18. Oscillatoria dapat memproduksi toxin seperti hepatoxic microcystin dan anatoxin-a contohnya adalah Oscillatoria agardhii dan O.rubescens (http://cfb.unh.edu/phycokey/Choices/Cyanobacteria/cyano_filaments/cyano_unbranched_fil/untapered_filaments/no_heterocysts/no_vis_sheath/OSCILLATORIA/Oscillatoria_key.html). terima kasih Selly.

    BalasHapus
  19. Artikel yang dibuat selly menarik informasinya, saya akan menambahkan tentang
    Pigmen yang dimiliki Oscillatoria adalah fikobiliprotein. Fikobiliprotein adalah kelompok kecil dari kromoprotein yang diteliti. Kelas fikobiliprotein yang paling
    dikenal adalah allofikosianin, fikosianin, dan fikoeritrin.Ketiganya terbentuk dari α dan sub unit protein (Romay dkk.,2003). Penelitian Karseno dkk. (2009) menyatakan bahwa pigmen yang dikandung Oscillatoria adalah fikoeritrin
    http://www.jurnal-agritech.tp.ugm.ac.id/ojs/index.php/agritech/article/view/347

    BalasHapus
  20. Artikel yang cukup menarik, awalnya saya bingung kenapa artikel ini berjudul Oscillatoria butuh ketenangan? yaaa seperti yang Selly jawab bahwa bakteri ini hidup di air yang tenang. Mohon izin mengoreksi dari artikel ini, pada artikel ini di katakan bahwa Oscillatoria berasal dari Kingdom Bacteria dengan Phylum Cyanophyta, tolong dikoreksi ulang yaa Selly Phylum dari Oscillatoria bukan Cyanophyta melainkan Cyanobacteria.
    Dan mohon izin menambahkan dari karangteristik Oscillatoria hidupnya tidak hanya di air saja melainkan juga terdapat diatas tanah yang basah atau lembab. Sel-selnya bulat, merupakan benang-benang dan akhirnya membentuk koloni berlendir. Pada jarak tertentu pada benag-benang itu terdapat sel-sel yang dindingnya tebal. Bakteri ini juga dapa kehilangan zat warna yang dapat digunakan untuk asimilasi sehingga menyebabkan bakteri ini mengalami heterosista. Adapun info lebih lengkap dapat diaskes pada:
    https://www.academia.edu/9587097/Cyanobacteria

    Terima kasih Selly :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih dian atas masukkanny, memang bakteri ini tidak hanya pada genangan air yang tenang juga pada bebatuan yang lembab maupun pada tanah yang lebab. hanya karna keterbatasan kata yang dosen kita berikan saya hanya membahas pada umumnya saja . selebihnya masih banyak lagi pada https://books.google.co.id/books?isbn=9797467880

      terimkasih dian, semoga bermanfaat yaa :-)

      Hapus
  21. Artikel yang dibuat selly cukup unik, dari judulnya saja sudah bisa terlihat :). namun, saya ingin menambahkan sedikit dari kegunaan Oscillatiria selain yang telah dipaparkan oleh selly pada artikelnya. ternyata Pigmen Oscillatoria memiliki manfaat yaitu sebagai aktivitas antioksidan yang ditunjukkan dengan kemampuannya menghambat pembentukan peroksida dan malonaldehid. Aktivitas antioksidan pigmen Oscillatoria stabil pada pH netral (pH 7) dan suhu ruang (28°C), tetapi aktivitas antioksidannya cenderung berkurang saat pH larutan berubah menjadi asam maupun basa dan suhu yang semakin meningkat dari suhu
    ruang.
    Sumber: www.jurnal-agritech.tp.ugm.ac.id/ojs/index.php/agritech/article/.../483

    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah terimakasih atas tambahannya dari windi, karna dia mampu hidup di PH larutan yang berubah-ubah ternyata bakteri ini juga termasuk alga yang sangat toleransi dengan polutan, sesuai dengan referensi yang saya baca di www.academia.edu/4622356/Polutan

      terimakasih :-)

      Hapus
  22. wah artikelnya bagus selly, ternyata Oscillatoria memiliki non-percabangan struktur filamen panjang yang mereproduksi dengan pembelahan biner. cyanobacteria ini dapat melakukan fotosintesis seperti yang lain dalam filum tetapi juga dapat melakukan fotosintesis anoxygenic. Artinya masih bisa memperoleh energi tanpa adanya oksigen, dapat memperolehnya dari pengurangan sulfat sebagai gantinya. Energi ini datang dalam bentuk ATP dan dapat disimpan. Kultur genus ini agak mudah tapi satu-satunya hal yang perlu diingat adalah bahwa mereka motil dan dapat mati jika dipindahkan ke daerah yang tidak lembab. yang terdapat dalam sumber http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Oscillatoria semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  23. artikel yang bagus, saya sedikit menambahkan bahwa Oscillatoria juga mempunyai peran untuk Fiksasi nitrogen jika dalam kondisi autotrofik dan photoheterotrophic atau kondisi aerobic lebih lengkap di http://mic.sgmjournals.org/content/137/1/31 terima kasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas masukannya raihan, memang masih banyak lagi tentang bakteri ini hanya saja tidak bisa di jelaskan se-informatif yang kita inginkan hanya karena keterbatasan kata.
      dan informasi lebih lanjut tentang bakteri ini ada di www.academia.edu/9587097/Cyanobacteria .
      terimakasih raihan :-)

      Hapus
  24. terimakasih selly atas pemaparan bakter Oscillatoria sp. ini, sangat bermanfaat :)
    hanya ingin menambahkan saja ya sel, menurutliteratur lain yang saya baca bakteri ini dapat dikultur. Kultur Oscillatoria sp. skala laboraturium dilakukan dengan beberapa tahapan yakni tahap isolasi, kultur di media agar dan kultur di media cair. Kultur Oscillatoria sp. di media cair dilakukan secara bertahap atau dilakukan dengan kultur bertingkat dimulai dari kultur dalam tabung reaksi volume 10 ml (test tube) sampai kultur pada wadah yang lebih besar mulai dari 100 ml – 5 liter

    sumber : Isnansetyo, A dan Kurniastuty. 1995. Teknik Kultur Phitoplankton dan Zooplankton. Penerbit Kanisius.

    terimakasih semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas masukannya euis, semoga bermanfaat yaa :-)

      Hapus
  25. Benar kata selly . Oscillatoria memiliki kemampuan berosilasi . Sesuai sumber yang saya baca . "Oscillatoria sp menggunakan fotosintesis untuk reproduksi dan bertahan hidup. Tiap filamen pada Oscillatoria sp terdiri dari trikoma yang terdiri dari barisan sel. Ujung dari trikoma berosilasi seperti pendulum" (Nybakken,1992).

    Lanjutkan siisssstt :D !!

    BalasHapus
  26. Artikel selly menarik sekali....saya hanya ingin menambahkan habitatnya bakteri oscillatoria sp, yaitu banyak terdapat jika musim penghujan dengan suhu 30oC - 30,6oC, serta merupakan alga yang sangat toleransi dengan polutan...pada penilitian yang dilakukan oleh Beta iriani dan Joni Hermana..

    Sumber : www.digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-19606-3306100106-Paper.pdf

    Terima kasih...:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaah terimakasih atas tambahannya dari ka nuli, bakteri oscillatoria ini memang termasuk alga yang sangat toleransi dengan polutan, sesuai dengan referensi yang saya baca di www.academia.edu/4622356/Polutan

      terimakasih :-)

      Hapus
  27. ternyata pengetahuan linda masih kurang sekali akan mikroba yang ada disekitar, namanmya aneh-aneh pula dan jarang didengar. nah dengan artikel ini linda jadi tahu akan bakteri yang baru lagi dan nambah ilmu juga, terimakasih yaa selly artikelnya cukup menarik dan terima kasih kepada teman-teman untuk tambahannya juga bermanfaat banget buat linda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke linda sama-sama dan informasi lebih lengkapnya mengenai bakteri ini bisa langsung di buka referensinya ada banyak dari www.academia.edu/9587097/Cyanobacteria
      terimakasih :-)

      Hapus
  28. artikel yang sangat informatif, saya disini hanya ingin berbagi informasi ternyata ada banyak keuntungan dari bakteri ini, bisa seli baca di https://books.google.co.id/books?id=YeYAR_CL8aYC&pg=PA44&lpg=PA44&dq=penyakit+yang+disebabkan+oleh+Oscillatoria&source=bl&ots=a3bXyFqdzZ&sig=oagYAXWE1JKakBP4fGhNeMZMMyU&hl=en&sa=X&ei=sx91VbiEKufimAWvq4OwAg&redir_esc=y#v=onepage&q=penyakit%20yang%20disebabkan%20oleh%20Oscillatoria&f=false. semoga bermanfaat, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. haii fitriyah terimakasih atas masukannya, dan ternyata memang masih banyak lagi loh keuntungan dari bakteri ini ada di www.academia.edu/9587097/Cyanobacteria tetapi hanya keterbatasan kata dari itu saya rasa hanya yang pentingnya yang saya paparkan. terimakasih :-)

      Hapus
  29. artikel yang informatif selly. memang terdengar asing tentang alga jenis ini, hanya ingin menambahkan saja mengenai faktor yang mempengaruhi oscilatorria ini yaitu suhu dan ph. alga ini memang banyak ditemukan dan paling banyak menurut riset pada musim hujan dan alga jenis ini sangat toleran terhadap polutan dbandingkan yang lain . bisa di cek disini yah http://digilib.its.ac.id/public/ITS-paper-19606-3306100106-Paper.pdf. terimakasi :)

    BalasHapus
  30. terimakasih israni atas tambahannya, karena keterbatasan kata yang di tentukan oleh dosen kita, sebenernya masih banyak lagi faktor-faktor tersebut seperti yang dipaparkan pada journal.unnes.ac.id/sju/index.php/UnnesJLifeSci/article/.../1545/1494

    terimakasih :-)

    BalasHapus
  31. Artikelnya bagus dan sangat membantu. Tpi syang sekali dapusnya gak lengkap.. padahal sitasi ada, tapi tidak tertulis dalam daftar pustakanya... :)

    BalasHapus
  32. Artikelnya bagus dan sangat membantu. Tpi syang sekali dapusnya gak lengkap.. padahal sitasi ada, tapi tidak tertulis dalam daftar pustakanya... :)

    BalasHapus
  33. terima kasih kpda mba selly atas artikelnya ini bisa jadi bahan acuaan tugas akhir saya

    BalasHapus